Artikel & Jawaban Essay Hal 116

Nama : Zahratul Hayah
Kelas : XII BDP 3
No. Absen : 32
Mapel : Bisnis Online


Mengevaluasi website e-commerce shopee
Berdasarkan dari hasil penelitian “Analisis Kualitas Website E-Commerce Pada Website Shopee.co.id
Di Indonesia Dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0”, maka didapatkan beberapa kesimpulan yang
diharapkan dapat memberikan jawaban atas tujuan dilakukannya penelitian sebagai berikut:
1. Indikator didalam Variabel Kegunaan (Usabilty) secara keseluruhan masuk kedalam kategori baik
dengan indikator “Saya merasakan website mudah untuk digunakan” mendapatkan tanggapan paling
tinggi dan indikator “Website meyakinkan dan kompeten” mendapatkan tanggapan paling rendah. Hal
ini menandakan bahwa para pengunjung situs belum sepenuhnya yakin terhadap kompetensi website
e-commerce.
2. Indikator didalam Variabel Kualitas (Information Quality) secara keseluruhan masuk kedalam kategori
baik, dengan indikator “Memberikan informasi yang mudah dipahami” mendapatkan tanggapan paling
tinggi dan indikator “Memberikan informasi terpecaya” walaupun masuk kedalam kategori baik tetapi
memiliki tanggapan paling rendah dibandingkan dengan indikator yang lain.
3. Tingkat Interaksi Layanan (Service Interaction) website e-commerce Shopee.co.id merupakan faktor
yang paling kuat didalam mempengaruhi Keputusan Pembelian, dengan indikator “Memiliki reputasi
yang baik” mendapat tanggapan tertingi, tetapi walau semua indikator masuk kedalam kategori baik,
ada satu indikator yang memiliki tanggapan paling rendah yaitu “dapat menjamin terjaganya informasi
pribadi”.
4. Secara keseluruhan kualitas website Shopee.co.id mendapatkan tanggapan yang masuk kedalam
kategori “Baik” dengan dimensi usability yang mendapatkan tanggapan paling tinggi dari para
pengguna website e-commerce Shopee.co.id di Indonesia.


Jawaban Essay Halaman 116 Bisnis Online

1. Mobile marketing adalah strategi pemasaran digital multi-saluran yang ditujukan untuk menjangkau target konsumen di smartphone, tablet, dan perangkat seluler lainnya, melalui situs web, email, SMS dan MMS, media sosial, dan aplikasi.

2. Menciptakan saluran pemasaran langsung, meningkatkan keterlibatan pelanggan Anda harus berusaha membangun dan meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan cara apapun melalui situs mobile, menonjol dalam persaingan aplikasi mobile mungkin jarang dipakai oleh usaha kecil dan justru hal inilah saat bagi Anda mengambil peluang di hadapan para pesaing.

3. Android, IOS, Windows Phone, Blackberry.

4. - Buat profil pelanggan ideal (buyer persona)
    - Tentukan Target
    - Tentukan KPIs (Key Performance Indicator)
    - Mengamati Metrik

5. - Ukuran yang kecil 
    - Memori yang terbatas
    - Daya proses yang terbatas tidaklah setangguh desktop 
    - Kuat dan dapat diandalkan
    - Mengkonsumsi daya yang rendah 

6. Seperti dikutip dari VR-Zone, studi terbaru dari NPD Group menunjukkan bahwa konsumen kini semakin banyak yang beralih dari PC ke perangkat mobile untuk mengakses internet.

7. Salah satu manfaat terbesar dari aplikasi mobile adalah perusahaan bisa memberikan semua informasi mengenai produk, jasa, dan promosi khusus yang ingin disampaikan kepada pelanggan dalam satu genggaman.

8. Anda juga wajib memastikan bahwa informasi-informasi penting mengenai bisnis atau perusahaan Anda seperti lokasi, jam operasional, dan informasi kontak harus mudah diakses oleh semua orang yang sedang mengakses website Anda pada perangkat mobile mereka. Dengan menerapkan hal tersebut maka akan dapat memastikan bahwa seluruh informasi penting mengenai bisnis Anda akan disampaikan kepada siapa saja yang sedang mengunjungi website Anda.

9. - Masuk ke dashboard Blogger.
- Pilih menu Template.
- Pada halaman yang muncul klik icon gear.
- cara membuat template blog versi mobile responsive
- Selanjuatnya plih Ya. Tampilkan template seluler di perangkat seluler.
- Kemudian di bagian pilihan dropdown silahkan pilih Khusus.
- cara membuat template blog versi mobile responsive
Klik simpan dan selesai.

10. - Fitur Aplikasi Mobile dan Aplikasi Web
Hal dasar yang harus Anda tanamkan adalah aplikasi mobile bukanlah aplikasi web. Perbedaannya adalah pada fitur yang disediakan. Aplikasi mobile, layar disesuaikan dengan gadget mobile sedangkan website lebih mudah jika user mengaksesnya lewat laptop atau komputer desktop namun juga ada yang responsif sehingga dapat diakses di browser mobile dengan baik. Pengguna smartphone lebih mengedepankan produktifitas dan kecepatan mendapatkan informasi sedangkan menggunakan aplikasi website akan menghabiskan lebih banyak waktu. Aplikasi mobile lebih mengutamakan kenyamanan user dan mempermudah user jika melakukan transaksi dll.
- Interaksi User
Cara pengguna berinteraksi dengan aplikasi mobile dan aplikasi web tradisional sangatlah berbeda. Dengan kemampuan layar sentuh untuk berinteraksi bagi pengguna smartphone yang berbasis accelerometer maupun kompas, sebuah aplikasi mobile memang dibangun secara berbeda. Contohnya adalah aplikasi game mobil (car game), di mana mobil bermanuver dengan memiringkan ponsel ke kiri atau ke kanan. Hal ini didasarkan pada fitur accelerometer sebuah smartphone. Contoh lainnya adalah aplikasi peta yang selalu menunjuk ke arah utara setiap kali pengguna merubah arah telepon genggamnya. Hal ini didasarkan pada fitur kompas.
- Location dan Personalization
Location merupakan suatu hal yang penting dalam sebuah aplikasi mobile smartphone mampu memberikan alert dimana lokasi pengguna tersebut. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh developer aplikasi untuk memberikan personalisasi kepada pengguna aplikasi untuk menunjang bisnis. Sedangkan aplikasi web dapat menggunakan dan mengakses lokasi dari user namun hanya dibatasi pada pengkodean negara dan biasanya tidak details.
- Push Notification
Aplikasi mobile dapat memberikan notifikasi kepada penggunanya untuk memberikan informasi terkait dengan bisnis Anda. Aplikasi mobile pada smartphone merupakan cara yang terbaik untuk memberikan pemberitahuan karena pengguna selalu dekat dengan smartphone mereka, hampir sepanjang waktu mereka menggunakannya. Ini merupakan kelebihan dibandingkan dengan aplikasi website yang sulit untuk menentukan pemberitahuan karena pengguna website cenderung hanya sesaat waktu mengaksesnya. Dengan pemberitahuan seperti ini, jika bisnis Anda memiliki penawaran spesial pengguna akan langsung mengetahuinya.
Jadi tunggu apalagi, segeralah untuk bermigrasi agar bisnis Anda mengalami peningkatan dalam penjualan dan memberikan retensi user yang baik. Pengguna tidak hanya sekali mampir di bisnis Anda namun dengan menggunakan aplikasi mobile, bisnis Anda akan lebih dekat dengan customer atau pelanggan Anda. Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi mobile atau mengembangkan website bisnis Anda silahkan hubungi tim Techarea kami siap membantu Anda kapan saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Ulasan Novel (Bring Me to Jannah)